Sabtu, 26 Desember 2015

1. PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Pendapat pribadi mengenai peran komunikasi dalam organisasi,

Manusia sebagai makhluk sosial artinya tidak bisa hidup sendiri memerlukan orang lain dalam melakukan hidupnya, kerjasama dan interaksi ini memerlukan komunikasi.Proses penyampaian gagasan ini sudah tidak asing lagi bagi suatu makhluk hidup seperti manusia, hewan, atau pun tumbuhan memerlukan respon terhadap sesuatu yang ada di sekitarnya, sehingga peran komunikasi dalam organisasi sangat penting dan berpengaruh di berbagai aspek kehidupan.

Menurut saya tentang komunikasi adalah proses implementasi pengiriman suatu gagasan /inti pesan terhadap penerima dalam bentuk kata, ekspresi wajah, gerak tubuh, dan lain sebagainya dalam media yang secara langsung (aktif) atau tidak langsung (pasiv).

 prosenya : pengirim > ada berita/pesan> penerima,



Pengertian Organisasi menurut ahli:  adalah tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. (Keith Davis, 1962).

Dalam kenyataan masalah komunikasi senantiasa muncul dalam proses pengorganisasian. Komunikasi mempunyai andil membangun iklim organisasi, yang berdampak kepada membangun iklim organisasi, yaitu berdampak kepada membangun budaya organisasi yaitu nilai dan kepercayaan yang manjadi titik pusat organisasi. Budaya organisasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari lingkungan internal organisasi karena keragaman budaya yang ada dalam suatu organisasi sama banyaknya dengan jumlah individu yang ada dalam organisasi. Umumnya budaya organanisasi sangat dipengaruhi oleh lingkungan eksternal organisasi. Suatu organisasi memerlukan satu budaya yang merupakan kumpulan persepsi secara umum dari seluruh karyawan sebagai anggota organisasi, yang akan dijadikan sebagai suatu system yang menggabungkan beberapa pengertian yang secara eksplisit dianggap sebagai definisi budaya organisasi. (Rahmi Yuliana, 2012).

Komunikasi organisasi memegang peran penting untuk mendukung efektifitas operasional organisasi. Aspek penting dari komunikasi organisasi adalah potensi dari komunikasi itu sendiri sebagai alat (tool) yang dapat dirancang manajemen untuk pencapaian tujuan organisasi. Pentingnya komunikasi juga dapat dilihat dari manfaat bagi organisasi meliputi fungsi pengendalian (kontrol dan pengawasan), motivasi, pengungkapan emosional dan penyediaan informasi untuk pengambilan keputusan (Robbins, 2001:312).


KESIMPULAN, yang dapat saya sederhanakan  mengenai peran komunikasi dalam organisasi adalah peran ini bertujuan hal sosial dalam suatu organisasi sangatlah penting untuk membentuk suatu jaringan bisnis kepercayaan agar memberikan manfaat dan keuntungan /kemajuan dari koneksi organisasi lainya bagi diri sendiri maupun kelompok,
sehingga organisasi berjalan dengan baik, diperlukan kerjasama,  kepuasan kerja dan komitmen para pegawai. 

Peran aspek kepemimpinan, untuk memperkuat kepuasan kerja dan membangun komitmen pegawai juga mengarahkan ke tujuan atau goals , kepemimpinan ini sangat berperan selain itu juga ada aspek komunikasi dalam organisasi juga merupakan faktor yang penting. 

Komunikasi bisa tidak efektif tanpa manajerial Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan dan implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.

Jadi implikasi manajerial memiliki arti proses pengambilan keputusan partisipatif dalam organisasi manajerial yang baik dan terkoordininasi. Oleh sebab itu faktor manajerial juga berperan.

Komunikasi yang baik dan efektif  memadukan petunjuk hasil kerjasama yang kuat sehingga dapat menciptakan iklim organisasi yang mendukung organisasi tersebut untuk mencapai tujuannya.

SUMBER/REFERENSI:

http://melvinhutomo.blogspot.co.id/2015/03/peran-komunikasi-dalam-organisasi.html
http://fachmixyz.blogspot.co.id/2015/03/peran-komunikasi-dalam-organisasi.html
http://denisha19.blogspot.co.id/2015/03/peran-komunikasi-dalam-organisasi.html

GAMBAR:
https://www.google.co.id/search?q=peran+komunikasi+dalam+organisasi&espv=2&rlz=1C1VFKB_enID607ID607&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwj486PspPvJAhWMCo4KHVKTAXAQ_AUIBygB&biw=1364&bih=683#imgrc=GejGhcRcYoV4tM%3A
http://denisha19.blogspot.co.id/2015/03/peran-komunikasi-dalam-organisasi.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar