Jumat, 20 Maret 2015

TUGAS 1 : ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM

TUGAS 1


NAMA         : IRMAFAZRIYAH
NPM             : 15114461
KELAS         : 1KA32
DOSEN        : SENDY EKA NANDA

MATERI      : ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH UMUM

SUB TEMA : 1. PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
                        2. TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
                        3. RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR





1. PENGERTIAN IBD (ILMU BUDAYA DASAR)
Banyak fenomena sosial masyarakat yang terjadi menimbulkan tatanan hidup, kebudayaan, serta sistem kemasyarakatan terbentuk karena interaksi juga tidak lepas dari berlakunya nilai dan norma dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan segala dinamika dan implikasinya dari sudut pandang sosial masyarakat terkajilah dasar fasfalah keilmuan.Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
1.Ilmu alamiah (Natural Sciences)
Yaitu ilmu yang mempelajari  dan berhubungan  dengan alam,  seperti fisika, kimia, biologi, astronomi, botani dll. Ilmu-ilmu alamiah tujuannya untuk mengetahui keteraturan pasti yang terdapat dalam alam semesta digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.



 2.Ilmu Sosial(Sosial Sciences)
Yaitu ilmu yang mempelajari sosial manusia di lingkungan sekitar seperti sosiologi, ekonomi, politik, antropologi sejarah, psikologi, geogrofi dll. Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman atau referensi dari ilmu-ilmu alamiah.

3.Ilmu budaya (Humanities)
Yaitu ilmu yang mempelajari adat istiadat atau kebiasaan hidup manusia di suatu wilayah seperti bahasa, agama, kesusastraan, kesenian dll. Ilmu budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa dan kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. 
Bahan pembelajaran IBD
Dapat dibedakan menjadi 3 golongan yaitu : 
a) Konsep sosial : dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang bertujuan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial. 
b) Masalah sosial :yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang memiliki suatu keterkaitan antara satu dengan yang lain. 
c) Kenyataan sosial :dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial.

Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut di atas, maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.

 Ilmu Budaya dasar (IBD) secara sederhana dapat diartikan sebagai  seperangkat pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar maupun umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities”.

           Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin yaitu humnus yang artinya manusia, berbudaya, dan halus. Dengan demikian diharapkan bahwa manusia bisa lebih manusiawi serta lebih berbudaya. Sehingga dapat dikatakan bahwa manusia merupakan makhluk berbudaya. Dalam perwujudan manusia berbudaya akan lebih baik jika manusia mempelajari ilmu the humanities tetapi tidak mengeyampingkan dan meninggalkan tugas dan tanggung jawab sebagai manusia itu sendiri. 
2. TUJUAN IBD (ILMU BUDAYA DASAR) 

Sama halnya dengan ISD (Ilmu Sosial Dasar), IBD juga memiliki tujuan tersendiri. IBD lebih mengarah pada usaha memperluas wawasan serta pemikiran mahasiswa dalam menanggapi masalah budaya baik budaya orang lain dan alam sekitarnya serta dirinya sendiri. Dengan demikian IBD mengharapkan masyarakat khususnya mahasiswa untuk mampu :
  •  Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berpegang teguh terhadap agama masing-masing dan menghargai serta menghormati agama lain.
  • Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan dan tindakannya mencerminkan nilai pancasila
  • Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan serta masalah-masalah budaya yang ada dalam masyarakat.
  • Mengasah kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru terutama untuk kepentingan profesi. 
  • Memberi kesempatan kepada mahasiswa dalam menanggapi masalah kemanusiaan dan budaya dari sudut pandang yang berbeda sehingga mahasiswa mampu berpikir kritis terhadap persoalan-persoalan tersebut.
  • Mahasiswa tidak lain merupakan calon pemimpin Bangsa dan Negara dan disamping itu mereka juga memiliki skill dan kemampuan tersendiri sehingga diharapkan mahasiswa dapat membangun wahana komunikasi yang baik diantara sesamanya, dengan demikian mereka memiliki satu bekal yang sama yaitu kelancaran komunikasi.

3. RUANG LINGKUP IBD (ILMU BUDAYA DASAR)

           Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu antara lain :

           Didalam berbagai aspek kehidupan tentunya terdapat persoalan dalam menjalankan hidup dan fenomena budaya, untuk itu hal ini dapat dikaji dengan melakukan pedekatan budaya. 
Baik secara individu maupun kelompok, masing-masing memiliki keanekaragaman kebudayaan daerahnya.

          Dari kedua pokok permasalahan tersebut, secara tidak langsung manusia telah mengambil posisi sebagai bahan pengkajian IBD. Manusia sebagai individu yang kreatif dijadikan objek dalam menganalisis setiap fenomena dan masalah budaya yang ada. Dalam pengkajiannya yaitu dilihat dari berbagai dimensi yang dilakukan oleh manusia seperti hubungannya dengan alam, hubungannya dengan sesama manusia maupun hubungannya dengan penciptanya (Tuhan). Adapun pokok-pokok bahasan yang dikembangkan antara lain:

1. Manusia dan Cinta Kasih
2. Manusia dan Keindahan
3. Manusia dan Penderitaan
4. Manusia dan Keadilan
5. Manusia dan Pandangan Hidup
6. Manusia dan Tanggugjawab serta Pengabdian
7. Manusia dan Kegelisahan
8. Manusia dan Harapan

-SOAL-


1.       Apa persamaan ilmu sosial dsar dan ilmu budaya dasar? 
A. Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar merupakan suatu pengetahuan alam
B. Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar merupakan wawasan yang baik untuk penelitian dan observasi
C. Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar merupakan satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
D. Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar Mengkaji pendidikan kewirausahaan
                JAWABAN: C

2.     Mahasiswa tidak lain merupakan calon pemimpin Bangsa dan Negara dan disamping itu mereka juga memiliki skill dan kemampuan tersendiri sehingga diharapkan mahasiswa dapat membangun wahana komunikasi yang baik diantara sesamanya, dengan demikian mereka memiliki satu bekal yang sama yaitu kelancaran komunikasi, Merupakan?
A.      Tujuan IBD
B.      Pengertian IBD
C.      Ruang Lingkup  IBD
D.      Latar belakangan IBD
JAWABAN: A

3.      1. Konsep Sosial
      2. Kebudayaan Barat
      3. Kenyataan sosial
      4. Media Sosial
      5.  Kenyamanan Sosial
      6. Masalah Sosial
  Golongan apa saja yang terdapat dalam IBD (Ilmu Budaya Dasar)
A.    3, 5, dan 6
B.    2, 4, dan 5
C.    4, 5, dan 6  
D.   1, 3, dan 6
JAWABAN: D

4.     1. Manusia dan Cinta Kasih
2. Manusia dan Keindahan
3. Manusia dan Penderitaan
4. Manusia dengan Ibunya
5. Manusia dan Keadilan
6. Manusia dan Pandangan Hidup
7. Manusia dengan Lingkungan
8. Manusia dan Tanggugjawab serta Pengabdian
9. Manusia dan Kegelisahan
10. Manusia dengan Kesuka citaannya
11. Manusia dan Harapan 
Nomor berapa yang bukan merupakan ruang lingkup IBD (Ilmu Budaya Dasar)?
A.   3, 7, dan 11
B.   4, 7, dan 10
C.   4, 5, dan 11   d
D.   3, 8, dan 10
JAWABAN: B

5.      Memberi kesempatan kepada mahasiswa dalam menanggapi masalah kemanusiaan dan budaya dari sudut pandang yang berbeda sehingga mahasiswa mampu? 
A.  Berpikir kritis terhadap persoalan-persoalan yang ada serta menjadikan mahasiswa yang berani mengungkapkan pendapat
B.    Berpikir kreatif dan inovatif terhadap persoalan-persoalan yang ada serta menjadikan mahasiswa yang berani membuat masalah
C.     Berpikir sempit terhadap persoalan-persoalan yang ada serta menjadikan mahasiswa yang berani melawan hukum
D.     Berdiskusi, demokrasi, dan  berani mengungkapkan penolakan kebijakan yang ada
JAWABAN: A

Sumber:


Http://daigaku-no-monogatari.blogspot.com/2012/03/ilmu-budaya-dasar-sebagai-salah-satu.html
Http://choirul-amal.blogspot.com/2012/03/softskill-ilmu-budaya-dasar-ibd-sebagai_27.html
 

Gambar:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar